PENGEMBANGAN BUKU PRAKTIKUM KEARSIPAN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Ismiyati, Ismiyati and Rahmaningtyas, Wisudani and Pramusinto, Hengky (2016) PENGEMBANGAN BUKU PRAKTIKUM KEARSIPAN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. Prosiding Seminar Nasional FE UNY. ISSN 978-602-72667-1-1

[img]
Preview
Text
13 Ismiyati dan Hengky Pramusinto1.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan di laboratorium atau praktikum kearsipan diperlukan adanya buku praktikum kearsipan. Selama ini untuk pembelajaran kearsipan belum tersedia buku praktikum kearsipan secara khusus. Mahasiswa praktik kearsipan hanya berpedoman pada buku-buku kearsipan yang beredar secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk a) mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran praktikum kearsipan pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unnes yang selama ini berlangsung, b) menyusun desain buku praktikum kearsipan pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unnes c) menguji dan menghasilkan buku praktikum kearsipan yang efektif pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unnes. Paparan penelitian ini diperoleh dari analisis kebutuhan terkait pembelajaran praktek kearsipan. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan angket. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari segi perencanaan, dosen sudah merencanakan perkuliahan secara baik, dengan membuat dan mengupload silabus, kontrak pembelajaran dan materi perkuliahan. Proses pembelajaran juga sudah baik hanya saja dosen belum memanfaatkan semua fasilitas, seperti LCD dalam menjelaskan materi. Dari segi output hasilnya cukup baik. Hambatan yang terjadi pada pembelajaran praktek kearsipan di antaranya tidak adanya buku praktek kearsipan, rasio antara jumlah peserta, alat praktek dan ruangan tidak seimbang. Fasilitas penunjang yang tidak memadai, serta alat praktek yang minim.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Prosiding Seminar Nasional FE UNY 2016
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:57
Last Modified: 13 Sep 2016 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41247

Actions (login required)

View Item View Item