Arief, Meta and Septiani, Delina Herdian (2016) PENGALAMAN PRAKTEK MENGAJAR DAN MINAT MEMILIH PROFESI GURU PADA MAHASISWA LPTK. Prosiding Seminar Nasional FE UNY. ISSN 978-602-72667-1-1
|
Text
11 Meta Arief.pdf Download (785kB) | Preview |
Abstract
Tidak seluruh mahasiswa program studi pendidikan di Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) memilih guru sebagai profesi yang akan dijalani setelah lulus kuliah. Terutama pada LPTK yang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) fenomena ini dimungkinkan karena motif pertama mahasiswa adalah asal diterima kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Akibat daripada tidak memilih profesi menjadi guru maka akan terjadi inefisiensi dalam hal waktu, tenaga, dan pikiran selama proses pendidikan dan pembelajaran, baik bagi yang bersangkutan maupun bagi negara. Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) bagian integral dari proses pendidikan pada jenjang S-1 kependidikan, yang tujuannya selain menyediakan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam situasi nyata di lapangan, menumbuhkan bibit kompetensi guru, juga untuk memperkuat minat memilih profesi guru. Menggunakan metode deskriptif verifikatif pada penelitian sensus, dengan populasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi, dengan unit sample mahasiswa angkatan 2010, instrument penelitian berupa kuesioner berskala likert yang dianalisis melalui korelasi product moment, diketahui bahwa persepsi mahasiswa terhadap Pelaksanaan PPL dan Minat menjadi guru termasuk kategori tinggi, dengan pengaruh sebesar 15,44% signifikan, Artinya walaupun PPL dan Minat menjadi guru relatif baik namun 84,56% factor-faktor lainnya yang mempengaruhi keputusan memilih profesi guru. Kata Kunci: PPL, LPTK, Minat, Guru
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Prosiding Seminar Nasional FE UNY 2016 |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 02:57 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 02:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41245 |
Actions (login required)
View Item |