KONTRIBUSI TINGKAT PRESTASI METODOLOGI PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT-UNY TAHUN 2013

Stephanus, Chandra Saputra Aji (2016) KONTRIBUSI TINGKAT PRESTASI METODOLOGI PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT-UNY TAHUN 2013. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Stephanus Chandra Saputra Aji 10503241001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

KONTRIBUSI TINGKAT PRESTASI METODOLOGI PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT-UNY TAHUN 2013 Oleh: Stephanus Chandra Saputra Aji NIM. 10503241001 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini mengetahui (1) Tingkat pencapaian kompetensi pedagogik mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Teknik Mesin tahun 2013; (2) Tingkat prestasi metodologi pembelajaran mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Teknik Mesin tahun 2013; (3) Tingkat prestasi evaluasi pembelajaran mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Teknik Mesin tahun 2013; (4) Kontribusi tingkat prestasi metodologi pembelajaran terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Teknik Mesin tahun 2013; (5) Kontribusi tingkat prestasi evaluasi pembelajaran terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Teknik Mesin tahun 2013; (6) Kontribusi tingkat prestasi metodologi dan evaluasi pembelajaran terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Teknik Mesin tahun 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga sampel dari penelitian adalah seluruh mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT-UNY tahun 2013. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kolerasi dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kompetensi pedagogik mahasiswa PPL memiliki kecenderungan pada kategori tinggi, dengan nilai rerata sebesar 18,25; (2) Tingkat prestasi metodologi pembelajaran mahasiswa PPL memiliki kecenderungan pada kategori sangat tinggi, dengan nilai rerata sebesar 76,01; (3) Tingkat prestasi evaluasi pembelajaran mahasiswa PPL memiliki kecenderungan pada kategori tinggi, dengan nilai rerata sebesar 72,99; (4) Tingkat prestasi metodologi pembelajaran berkontribusi positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL (Rx1y= 0,509; p= 0,05); (5) Tingkat prestasi evaluasi pembelajaran berkontribusi positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL (Rx2y= 0,454; p= 0,05); (6) Tingkat prestasi metodologi dan evaluasi pembelajaran secara bersama-sama memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT-UNY tahun 2013 (Ryx1x2= 0,606; p= 0,05), dengan persamaan regresi Y= -6,275 + 0,184X1 + 0,145X2. Kata Kunci: Metodologi Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PPL

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:48
Last Modified: 30 Jan 2019 10:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41240

Actions (login required)

View Item View Item