Pengembangan Perangkat Pembelajaran Transformasi, Statistika dan Peluang SMP Kelas VII Berbasis Pendekatan Open-Ended Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis

Aedi, Weni Gurita (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Transformasi, Statistika dan Peluang SMP Kelas VII Berbasis Pendekatan Open-Ended Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-weni-gurita-aedi-14709251012.swf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran Transformasi, Statistika dan Peluang SMP Kelas VII Berbasis Pendekatan Open- Ended yang berkualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model Plomp yang terdiri dari fase penelitian awal, pengembangan, dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIIF dan satu guru matematika di SMP N 1 Sewon Bantul. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, angket penilaian siswa, soal prestasi belajar, soal berpikir kritis dan soal berpikir kreatif matematis. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif skala lima. Analisis data keefektifan berdasarkan hasil tes dilakukan dengan cara uji proporsi Z. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru dan siswa minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika proposi siswa yang mencapai nilai KKM minimal 75% berdasarkan tes prestasi belajar dan proposi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi minimal 70% berdasarkan tes berpikir kritis dan kreatif matematis. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan terdiri dari RPP dan LKS. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan kategori sangat baik pada RPP maupun LKS. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru maupun penilaian siswa. Perangkat pembelajaran juga mencapai kategori efektif berdasarkan hasil tes prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil tes prestasi belajar menunjukkan bahwa proporsi siswa yang mencapai nilai KKM lebih dari 75%. Sementara hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil tes kreatif matematis menunjukkan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi lebih dari 70%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan open-ended, prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif matematis
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:46
Last Modified: 08 Sep 2016 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41239

Actions (login required)

View Item View Item