Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Guided Discovery pada Tema Pembuatan Mie untuk Meningkatkan Science Process Skills dan Curiosity Siswa Kelas VII SMP

Putri, Arna (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Guided Discovery pada Tema Pembuatan Mie untuk Meningkatkan Science Process Skills dan Curiosity Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-arna-putri-14708251076.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis guided discovery yang layak berdasarkan standar suatu perangkat pembelajaran, (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis guided discovery untuk meningkatkaan science process skills dan curiosity siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji lapangan permulaan, (5) revisi terhadap uji lapangan permulaan, (6) uji lapangan utama, dan (7) revisi terhadap uji lapangan utama. Desain uji coba lapangan utama menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design di kelas VIIA dan VIIC SMP Negeri 1 Srandakan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar kelayakan produk, lembar observasi, lembar angket, dan soal tes. Pedoman wawancara digunakan untuk menemukan permasalahan yang ada di sekolah. Lembar kelayakan produk digunakan untuk menilai kelayakan perangkat pembelajaran. Lembar observasi digunakan untuk mengukur science process skills dan curiosity siswa. Lembar angket digunakan untuk menilai curiosity siswa. Soal tes digunakan untuk menilai science process skills siswa. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis dengan menggunakan konversi skor skala 4. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan science process skills dan curiosity siswa pada saat uji coba lapangan utama dianalisis dengan multivariate analysis of variance (MANOVA) dan gain skor. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran IPA yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian science process skills serta curiosity siswa telah memenuhi kelayakan perangkat pembelajaran dengan memperoleh nilai A dengan kategori sangat baik dari dosen ahli dan guru IPA, (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan science process skills. Keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran IPA dilihat berdasarkan nilai gain dari pretest dan posttest. Nilai gain science process skills sebesar 0,46 dan nilai gain curiosity sebesar 0,34

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, guided discovery, science process skills, curiosity
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:22
Last Modified: 09 May 2019 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41238

Actions (login required)

View Item View Item