Sutardi, Sutardi and Sugiharsono, Sugiharsono (2016) PENGARUH KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI. Prosiding Seminar Nasional FE UNY. ISSN 978-602-72667-1-1
|
Text
09 Sutardi.pdf Download (578kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS di 45 SMA Negeri dan swasta di Kota Yogyakarta. Sampel siswa sebanyak 122 siswa ditentukan dengan teknik area proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga, serta dokumentasi untuk variabel hasil belajar. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment dan analisis faktor, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi efektif (R2) sebesar 7,8%; (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi efektif (R2) sebesar 36,8%, (3) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi efektif (R2) sebesar 4,1%; (4) kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi efektif (R2) sebesar 43,1%. Hal ini berarti variabel kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga mempengaruhi variabel hasil belajar siswa secara terpisah maupun secara bersama-sama.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Prosiding Seminar Nasional FE UNY 2016 |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 02:57 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 02:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |