Sujianto, Sujianto (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS. Prosiding Seminar Nasional FE UNY. ISSN 978-602-72667-1-1
|
Text
08 SUJIANTO1.pdf Download (552kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi siswa dalam menyerap mata pelajaran IPS. Judul penelitian ini adalah “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS” yang diharapkan siswa mampu menyerap semua materi yang disampaikan oleh guru dengan model pembelajaran tersebut. Penelitian dilaksanakan di SMP N 2 Kokap, kelas 8. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 3 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari pra observasi sebesar 72,50, siklus I sebesar 77,95, siklus II sebesar 84,45, siklus III sebesar 94,18, jadi dari data tersebut terlihat adanya peningkatan prestasi siswa. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pelaksana pembelajaran dengan model kontekstual untuk materi pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, IPS
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Prosiding Seminar Nasional FE UNY 2016 |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 02:56 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 02:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41233 |
Actions (login required)
View Item |