PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS

Sujianto, Sujianto (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS. Prosiding Seminar Nasional FE UNY. ISSN 978-602-72667-1-1

[img]
Preview
Text
08 SUJIANTO1.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi siswa dalam menyerap mata pelajaran IPS. Judul penelitian ini adalah “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS” yang diharapkan siswa mampu menyerap semua materi yang disampaikan oleh guru dengan model pembelajaran tersebut. Penelitian dilaksanakan di SMP N 2 Kokap, kelas 8. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 3 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari pra observasi sebesar 72,50, siklus I sebesar 77,95, siklus II sebesar 84,45, siklus III sebesar 94,18, jadi dari data tersebut terlihat adanya peningkatan prestasi siswa. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pelaksana pembelajaran dengan model kontekstual untuk materi pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, IPS

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Prosiding Seminar Nasional FE UNY 2016
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:56
Last Modified: 13 Sep 2016 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41233

Actions (login required)

View Item View Item