Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Net dalam Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif dan Directional Awareness Anak Tunagrahita Ringan SDLB Kelas Atas

Puspitasari, Dita (2016) Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Net dalam Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif dan Directional Awareness Anak Tunagrahita Ringan SDLB Kelas Atas. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-dita-puspitasari-14711251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran permainan net untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif dan directional awareness anak tunagrahita ringan yang layak digunakan guru SDLB sebagai salah satu bentuk model pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil, (6) revisi, (7) uji coba lapangan skala besar, (8) revisi akhir, dan (9) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan di SLBN2 Bantul. Uji coba skala besar dilakukan di SLBN 1 Bantul dan SLB Marsudi Putra 1 Bantul. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) angket, (2) lembar pedoman observasi, dan (3) lembar pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model permainan net untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif dan directional awareness pada anak tunagrahita ringan yang didokumentasikan dalam CD dan buku petunjuk pelaksanaan pembelajaran pada anak tunagrahita. Model tersebut terdiri dari lima permainan, yaitu: (1) lempar shuttlecock, (2) shuttlecock melambung, (3) bola masuk tong, (4) keranjang bola, dan (5) tembak bola. Pada akhir penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan net yang dibuat sangat menarik, sesuai dengan karakteristik peserta didik dan dapat digunakan sebagai cara mengajar pada pendidikan jasmani adaptif serta sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif dan directional awareness anak tunagrahita ringan SDLB Kelas Atas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: permainan net, anak tunagrahita, gerak dasar manipulatif,directional awareness
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:13
Last Modified: 18 Jan 2022 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41227

Actions (login required)

View Item View Item