Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus SMA Berbasis Masalah dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Djidu, Hasan (2016) Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus SMA Berbasis Masalah dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-hasan-djidu-14709251030.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran kalkulus SMA berbasis masalah (MPK-BM) yang layak untuk digunakan yaitu memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Prosedur pengembangan terdiri atas: (1) studi pendahuluan; (2) tahap pengembangan atau pembuatan prototype; dan (3) tahap penilaian. Uji coba produk model pembelajaran kalkulus SMA berbasis masalah dilakukan di SMA Negeri 2 Baubau dengan melibatkan 2 orang guru matematika. Subjek penelitian adalah 71 orang siswa yang berasal dari 2 kelas (XI IPA 1 dan XI IPA 4). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi model pembelajaran; (2) lembar validasi RPP; (3) lembar validasi LKS; (4) lembar penilaian kepraktisan dari guru; (5) lembar penilaian kepraktisan dari siswa; (6) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (7) tes prestasi belajar, dan (8) tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah: (1) data kuantitatif: skor kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk, dan (2) data kualitatif: saran perbaikan produk dari validator atau guru, serta komentar siswa tentang pelaksanaan model pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran kalkulus SMA berbasis masalah (MPK-BM) yang dideskripsikan dalam buku model, dan perangkat pendukung pelaksanaan pembelajaran (RPP dan LKS). Hasil validasi menunjukkan bahwa MPK-BM dan perangkat pendukungnya memiliki tingkat kevalidan sangat baik. Hasil uji coba menunjukkan MPK-BM memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil penilaian guru menunjukkan MPK-BM memiliki tingkat kepraktisan sangat baik. Respon siswa, menunjukkan MPK-BM memiliki tingkat kepraktisan yang baik. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran, menujukkan MPK-BM terlaksana 87,2% (kelas XI IPA 1), dan 83,1% (kelas XI IPA 4). Hasil evaluasi hasil belajar siswa menunjukkan MPK-BM efektif. Ditinjau dari kemampuan berpikir tingkat tinggi, terdapat peningkatan yang signifikan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA 1 meningkat dari 33,75 menjadi 60,94, sedangkan kelas XI IPA 4 mengalami peningkatan dari 25,16 menjadi 52,9. Ditinjau dari prestasi belajar siswa, 93,75% siswa kelas XI IPA 1, dan 76,9% siswa kelas XI IPA 4 telah mencapai KKM

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan model pembelajaran, model pembelajaran kalkulus SMA berbasis masalah, kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:12
Last Modified: 09 May 2019 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41220

Actions (login required)

View Item View Item