Implementasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta

Mazid, Sukron (2016) Implementasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-aukron-mazid-14730251010.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: (1) implementasi, (2) faktor-faktor pendukung implementasi, dan (3) hambatan-hambatan implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive, terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang pengajaran dan kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru PKn, dan peserta didik MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta sebagai sumber data penelitian. Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dipilih karena memiliki program unggulan, yaitu pembelajaran terintegrasi dengan kurikulum pesantren. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif interaktif model dengan reduksi data, kategorisasi, display data dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PKn dilakukan dengan dua tataran implementasi; tataran konseptual dan tataran operasional. Tataran konseptual nilai-nilai multikultural terekam pada visi, misi dan tujuan madrasah. Tataran operasional melalui pertama perencanaan pembelajaran yang meliputi tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. kedua pelaksanaan pembelajaran melalui (1) menanamkan nilai untuk bersikap toleransi, menghargai, demokrasi, keadilan, kesetaraan dan menghormati keragaman melalui keteladanan, nasehat dan contoh (2) metode yang demokratis, kooperatif dan bervariasi melalui diskusi, ceramah dan studi kasus (3) materi yang diajarkan mengandung wawasan keragaman, persitiwa dan masalah sosial melalui contoh permasalahan dan persitiwa politik, ekonomi, keamanan, hukum dan sosial (4) melatih peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah sosial melalui studi kasus dan problem solving (5) media pembelajaran dengan media yang bervariasi. Ketiga evaluasi pembelajaran dilihat dari persepsi, pemahaman, apresiasi, tindakan dan sikap peserta didik yang dapat menghargai keragaman dan perbedaan. Faktor-fakor pendukung implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan kewarganegraan adalah peran kepala sekolah, peran guru, kurikulum sekolah, media pembelajaran, kegiatan dan program sekolah, iklim sekolah, dan peserta didik. Hambatan-hambatannya yaitu kurangnya kesiapan dan kesadaran peserta didik, kurangnya sarana dan prasarana, dan minimnya ruang untuk melakukan refleksi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi nilai-nilai multikultural, pembelajaran pendidikan kewarganegaraan
Subjects: Ilmu Sosial > Multikultural
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:07
Last Modified: 09 May 2019 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41219

Actions (login required)

View Item View Item