Pengembangan Instrumen Penilaian Penjasorkes pada Materi Permaian Bola Voli untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas

Nugroho, Alfianto Ari (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Penjasorkes pada Materi Permaian Bola Voli untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-alfianto ari nugroho-14711251034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian penjasorkes pada materi permainan bola voli untuk siswa sekolah dasar kelas atas, dan (2) mengetahui validitas, reliabilitas, dan efektivitas instrumen penilaian penjasorkes pada materi permainan bola voli untuk siswa sekolah dasar kelas atas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research hand development) yang terdiri atas enam tahapan, yaitu studi pendahuluan, penyusunan model (prototype), validasi ahli, uji coba skala terbatas, uji coba skala luas, dan uji efektivitas. Validasi melibatkan dua orang ahli. Uji coba skala terbatas melibatkan 2 orang guru dan 16 siswa kelas V dari SD Kembangsari dan SD 1 Petir. Uji coba skala luas melibatkan 5 orang guru dan 40 siswa kelas V yang diambil dari SD Bintaran, SD Klenggotan, SD Payak, MI Sananul Ula, dan SD Karanggayam. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, lembar kuesioner, lembar observasi, dan rubrik penilaian. Anlisis data untuk menentukan validitas menggunakan content validity ratio (CVR). Analisis data untuk menentukan reliabilitas, menggunakan intraclass correlation coeffisients (ICC). Analisis data untuk uji efektivitas menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian berupa buku pedoman instrumen penilaian penjasorkes pada materi permainan bola voli untuk siswa sekolah dasar kelas atas. Aspek penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini, yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif. Instrumen penilaian penjasorkes pada materi bola voli untuk siswa SD kelas atas memiliki validitas yang sangat baik. Hasil uji reliabilitas instrumen penilaian penjasorkes pada materi bola voli untuk siswa SD kelas atas diperoleh nilai reliabilitas total penilaian akhir masuk dalam kategori sangat baik dan perhitungan ICC antar-rater masuk dalam kategori baik. Hasil penilaian saat uji efektivitas menunjukan instrumen yang digunakan efektif untuk dipakai saat penilaian materi permainan bola voli siswa SD kelas atas

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen, penilaian, penelitian, bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:00
Last Modified: 17 Jan 2022 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41218

Actions (login required)

View Item View Item