Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas X pada Materi Trigonometri dan Geometri dengan Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis Multiple Intelligences Gardner Berorientasi pada Prestasi, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Self-Esteem Siswa

Kartikasari, Aris (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas X pada Materi Trigonometri dan Geometri dengan Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis Multiple Intelligences Gardner Berorientasi pada Prestasi, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Self-Esteem Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-aris-kartikasari-14709251079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X SMA pada materi trigonometri dan geometri dengan pendekatan problem-based learning berbasis multiple intelligences Gardner berorientasi pada prestasi, kemampuan koneksi matematis, dan self-esteem siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation,dan evaluation). Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X MIA III MAN Yogyakarta III, Sleman. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, soal tes prestasi, soal tes koneksi, angket self-esteem siswa, lembar penilaian kepraktisan guru, dan lembar penilaian kepraktisan siswa. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika SMA kelas X pada materi trigonometri dan geometri berupa RPP dan LKS. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan telah valid dengan skor rata-rata masing-masing adalah 4,54 dan 4,43 dari skor maksimum 5, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes prestasi belajar, tes koneksi matematis dan hasil angket self-esteem telah memenuhi kriteria efektif. Pada hasil tes prestasi belajar, persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu 75 adalah 77% (materi trigonometri) dan 90% (materi geometri). Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan 5%, jumlah siswa yang mencapai KKM pada hasil tes prestasi belajar lebih besar atau sama dengan 70%. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan 5%, jumlah siswa yang mencapai skor minimum berkategori tinggi pada hasil tes koneksi matematis dan hasil angket self-esteem lebih besar atau sama dengan 70%. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan guru siswa, perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Skor rata-rata penilaian guru untuk LKS dan RPP berturut-turut adalah 4,91 dan 4,60 dari skor maksimum 5 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penilaian siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 3,67 dari skor maksimum 5 dengan kategori baik. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran tersebut valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, multiple intelligences Gardner, prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, self-esteem
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:50
Last Modified: 15 Dec 2022 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41216

Actions (login required)

View Item View Item