Pengembangan Physics Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) berbasis KKNI pada Materi Impuls dan Momentum untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills dan Karakter Mandiri Peserta Didik SMA

Soeharto, Soeharto (2016) Pengembangan Physics Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) berbasis KKNI pada Materi Impuls dan Momentum untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills dan Karakter Mandiri Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-soeharto-14726251006.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran PhyCCTM berbasis KKNI untuk meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) dan karakter mandiri peserta didik, (2) mengetahui peningkatan HOTS dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (3) mengetahui peningkatan karakter mandiri peserta didik dalam pembelajaran fsika dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan (4) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada kelas kontrol dan eksperimen terhadap HOTS dan karakter mandiri peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan yang diadaptasi dari Model Borg & Gall yang meliputi tahap studi pendahuluan dan perencanaan (meliputi studi pendahuluan, studi literatur dan perencanaan), tahap pengembangan (meliputi penyusunan bahan ajar PhyCCTM dan validasi, pre-survey, uji coba terbatas dan revisi, uji coba diperluas) dan evaluasi (meliputi perbaikan dan penyempurnaan produk, serta menyerahkan perangkat ajar ke sekolah dan melakukan publikasi di jurnal ilmiah). Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru fisika. Uji coba terbatas dilakukan di kelas XI MIPA 7 SMAN 8 Yogyakarta dengan melakukan pembelajaran dan mengujikan perangkat pembelajaran PhyCCTM berbasis KKNI yang dikembangkan. Uji coba luas dilaksanakan di SMAN 1 Kasihan dengan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perangkat pembelajaran PhyCCTM berbasis KKNI yang layak telah dihasilkan dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan HOTS peserta didik dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 pada uji terbatas. (3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan karakter mandiri peserta didik dengan kategori "Cukup". (4) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan HOTS dan karakter mandiri peserta didik dengan nilai nilai Sig. sebesar 0,000 pada uji coba luas

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PhyCCTM, higher order thinking skills, dan karakter mandiri
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:31
Last Modified: 09 May 2019 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41215

Actions (login required)

View Item View Item