PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN TEORI FRAIS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNMENT (TGT) DI KELAS XI TP 1 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Ajiputra, Arizona (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN TEORI FRAIS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNMENT (TGT) DI KELAS XI TP 1 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
a_Arizona Ajiputra 12503241010.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN TEORI FRAIS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNMENT (TGT) DI KELAS XI TP 1 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Arizona Ajiputra NIM.12503241010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI TP 1 SMK Negeri 2 Yogyakarta melalui penerapan pembelajaran kooperati tipe TGT. (2) Mengetahui peningkatan pemahaman teori frais siswa kelas XI TP1 SMK Negeri 2 Yogyakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TG. (3) Mengetahui tingkat respon siswa SMK dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT, sehingga dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. langkah pembelajarannya meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (act), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Subjek penelitian berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, penilaian hasil belajar, dan dokumentasi. Pengolahan data penelitian mengunakan teknik analisis deskriptif. Validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi (content validity) dengan menggunakan pendapat dari ahli (judgenemt expert). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran. Cara yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Melaksanakan kegiatan games dan memberikan penghargaan kepada kelompok yang paling terbaik pada akhir pelajaran dapat membuat siswa terpacu atau terdorong untuk menjadi yang terbaik. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Indek Rerata Motivasi Komulatif (IRMK) siklus I sebesar 3.53 (baik), siklus II sebesar 3.81 (baik), siklus III sebesar 3.91 (baik). (2) Rerata evaluasi/nilai teori frais siklus I sebesar 76.79 (tidak tuntas), siklus II sebesar 82.02 (tuntas), dan siklus III sebesar 90.15 (tuntas). (3). Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TGT diperoleh siklus I sebesar 80.27% (baik), siklus II sebesar 82.10% (baik), dan siklus III sebesar 83.70% (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan nilai teori frais siswa mengalami peningkatan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT, serta memperoleh respon baik dari siswa. Kata kunci : Motivasi belajar, Nilai Teori, Respon Siswa, Teams Games Tournament (TGT), Teori Frais

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Sep 2016 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 10:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41206

Actions (login required)

View Item View Item