Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif dan Direct Teaching Pada Kompetensi Dasar Perbaikan Sistem Starter Otomotif Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMK N 1 Ngawen Gunungkidul

Suyitno, Suyitno (2011) Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif dan Direct Teaching Pada Kompetensi Dasar Perbaikan Sistem Starter Otomotif Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMK N 1 Ngawen Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suyitno-09702251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan hasil belajar siswa siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divitions (STAD) ditinjau dari gaya belajar siswa, (2) keefektifan hasil belajar siswa siswa pada direct teaching ditinjau dari gaya belajar siswa, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar siswa dalam pengaruhnya terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial yang dilakukan dengan memberikan perlakuaan dalam metode pembelajaran. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu dalam proses pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, sedangkan kepada kelompok kontrol diberikan metode direct teaching. Untuk variabel bebas yang lain yaitu variabel atribut gaya belajar siswa dijadikan sebagai variabel yang ikut mempengaruhi variabel terikat. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan faktorial 2 x 3. Penelitian ini menggunakan sampel dengan jumlah 72 dengan kelompok eksperimen 36 siswa dan kelompok kontrol 36 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis varian (ANAVA) dengan progam SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan hasil belajar motor starter otomotif, siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif lebih tinggi dibanding dengan metode direct teaching, (2) secara keseluruhan hasil belajar siswa yang mempunyai gaya belajar siswa visual lebih tinggi dibandingkan dengan gaya belajar auditori dan kinestetik, (3) bagi siswa yang mempunyai kecenderungan gaya belajar visual, hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif lebih tinggi dibanding dengan metode direct teaching, (4) bagi siswa yang memiliki gaya belajar auditori, hasil belajar motor starter yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif lebih rendah dibanding dengan metode direct teaching, (5) bagi siswa yang mempunyai kecenderungan gaya belajar kinestetik, hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif lebih tinggi dibanding dengan metode direct teaching, dan (6) ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap pencapaian hasil belajar motor starter.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, metode pembelajaran kooperatif, metode pembelajaran direct teaching
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:48
Last Modified: 03 Oct 2022 05:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41188

Actions (login required)

View Item View Item