TINGKAT KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (PENJAS ADAPTIF) DI SEKOLAH DASAR INKLUSI SE-KECAMATAN SENTOLO

Ragil, Dimas Satrio (2016) TINGKAT KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (PENJAS ADAPTIF) DI SEKOLAH DASAR INKLUSI SE-KECAMATAN SENTOLO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
DIMAS SATRIO RAGIL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dengan belum adanya penelitian tentang tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa tinggi tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan instrumen berupa angket yang terdiri dari faktor perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru pendidikan jasmani sebanyak 6 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik 33,33%. Kemudian faktor perencanaan pembelajaran menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik 33,33%. Sedangkan faktor proses pelaksanaan pembelajaran menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik 33,33%. Sedangkan faktor evaluasi pembelajaran menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik 33,33%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa berkebutuhan khusus (penjas adaptif) di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterlaksanaan, Pembelajaran, Penjas Adaptif dan SD Inklusi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 10:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41185

Actions (login required)

View Item View Item