Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMK Bidang Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta

Sugiyem, Sugiyem (2011) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMK Bidang Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sugiyem-08702251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan motivasi kerja guru, pengalaman mengajar guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan kinerja guru SMK Bidang Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta, dan (2) mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja guru, pengalaman mengajar guru, kepemimpinan kepala sekolah baik secara bersama-sama terhadap kinerja guru maupun secara sendiri-sendiri. Jenis penelitian adalah penelitian survey dengan populasi penelitian 50 orang guru SMK Bidang Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta. Dengan teknik proportional random sampling, maka sampel yang digunakan sebesar 44 orang. Teknik pengumpulan data dengan survei, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi statistik dan analisis regresi antara variabel bebas dan terikat. Proses perhitungan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat motivasi kerja guru berada pada kategori kurang tinggi, pengalaman mengajar guru berada pada kategori kurang lama, kepemimpinan kepala sekolah berada pada kategori kurang baik, dan kinerja guru SMK Bidang Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta berada pada kategori baik dengan nilai tertinggi 84; (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru, pengalaman mengajar guru, kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru (R=0,953, F=132,059 dengan p<0,05) dan sumbangannya sebesar 90,8%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru dengan korelasi=0,738 dan sumbangan efektif sebesar 54,4%; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengalaman mengajar guru terhadap kinerja guru dengan korelasi=0,781 dan sumbangan efektif sebesar 22,9%; dan (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan korelasi=0,819 dan sumbangan efektif sebesar 13,5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2016 06:00
Last Modified: 03 Oct 2022 04:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41183

Actions (login required)

View Item View Item