PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY ANGKATAN 2012

Munandhar, Aan (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY ANGKATAN 2012. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AAN_MUNANDHAR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh motivasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012. (2) Pengaruh praktik pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012. (3) Pengaruh motivasi belajar dan praktik pengalaman lapangan secara bersama-sama terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, variabel penelitian ini adalah minat menjadi guru, motivasi belajar, praktik pengalaman lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012 sebanyak 101 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini secara parsial: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan praktik pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012. (3) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan praktik pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,308 atau 30,8% dapat diartikan bahwa 30,8% minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012 dipengaruhi oleh motivasi belajar sebesar 9,7 % dan praktik pengalaman lapangan sebesar 21,1%, sedangkan sisanya sebesar 69,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Motivasi Belajar, Praktik Pengalaman Lapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 10:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41177

Actions (login required)

View Item View Item