Peran Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan sewon Kabupaten Bantul DIY Tahun 2016

Raharjo, Ganang Fahriawan (2016) Peran Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan sewon Kabupaten Bantul DIY Tahun 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Ganang Fahriawan Raharjo NIM 12604221019 PGSD PENJAS.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang guru, Pasal 52 ayat (1) huruf e, bahwa guru dapat diberikan tugas tambahan salah satunya pembina Pramuka, tetapi pada kenyataannya diketahui bahwa sebagian guru belum berkecimpung di dalam kegiatan Pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani SD negeri Se-Kecamatan Sewon terhadap berjalannya kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen penelitian berupa angket dengan validitas 0,908 dan reliabilitas 0,935. Subjek penelitian adalah guru pendidikan jasmani SD negeri Se-Kecamatan Sewon sebanyak 30 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui peran guru pendidikan jasmani di SD Negeri Se-Kecamatan Sewon terhadap kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah sebagian besar pada kategori sangat tinggi 0%, pada kategori tinggi dengan persentasi sebesar 40 %, pada kategori sedang sebesar 26,67 %, pada kategori rendah sebesar 23,33 %, dan pada kategori sangat rendah sebesar 10 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Guru Pendidikan Jasmani, Ekstrakurikuler
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 10:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41175

Actions (login required)

View Item View Item