Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SMA Kabupaten Kotabaru

Setiawan, Teguh (2016) Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SMA Kabupaten Kotabaru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-teguh-setiawan-14703251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan (b) permasalahan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMA di Kabupaten Kotabaru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik snowball sampling terdiri atas Kepala Sekolah, guru yang pernah melaksanakan kegiatan pengembangan profesi, dan guru yang belum pernah melaksanakan kegiatan pengembangan profesi. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara secara mendalam dengan keabsahan data triangulasi sumber dan member checking. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga langkah analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan pengembangan yang dilaksanakan telah sesuai dengan kebutuhan guru; (2) sumber pembiayaan kegiatan PKB diambil dari dana BOMMDA (Bantuan Operasional Manajemen Mutu Daerah); (3) mekanisme penunjukan peserta berdasarkan senioritas atau ditunjuk langsung dengan prinsip keadilan dan berdasarkan surat undangan; (4) hasil kegiatan yang dirasakan guru adalah bahwa mereka lebih menguasai materi, menguasai metode belajar yang bervariasi, mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi siswa, menambah wawasan dan informasi; (5) kegiatan pengembangan profesi guru masih belum menunjukkan keberkelanjutan; (6) kendala dalam kegiatan pengembangan antara lain kendala internal, yaitu kendala yang berasal dari dalam diri guru dan kendala eksternal yang meliputi lingkungan fisik dan sosial; (7) upaya mengatasi kendala dalam kegiatan pengembangan antara lain: kepala sekolah memotivasi guru untuk mengembangkan diri, memisahkan kegiatan pengembangan menjadi dua wilayah, memperbanyak membaca buku serta memanfaatkan teknologi, memberikan dispensasi kepada guru untuk tidak mengajar selama melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian, memberikan informasi atau undangan pengembangan secara tidak mendadak, dan menggunakan dana pribadi sebagai tambahan untuk transportasi maupun akomodasi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pengembangan keprofesian berkelanjutan, guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2016 04:04
Last Modified: 19 Dec 2022 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41174

Actions (login required)

View Item View Item