PENGARUH PERMAINAN LEMPAR SHUTTLECOCK TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP NEGERI 2 PLAYEN

Wakhid, Muhammad (2016) PENGARUH PERMAINAN LEMPAR SHUTTLECOCK TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP NEGERI 2 PLAYEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kelincahan siswa peserta ekstrakurikuler bulutangkis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan lempar shuttlecock terhadap peningkatan kelincahan dalam permainan bulutangkis pada peserta yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 2 Playen tahun ajaran 2015/2016 Penelitian ini termasuk pra-experiment, Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “The One Group Pretest Posttest Design” atau tidak adanya grup control. Instrumen yang digunakan berupa tes pengukuran Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah shuttle run test, dengan validitas instrument sebesar r=0,444 dan reabilitas r=koefisien Alpha lebih dari 0,60. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 2 Playen yang berjumlah 20 anak. Teknik analisis data menggunakan menggunakan Paired Sampel T test pada taraf signifikasi 0,05 atau 5 %. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung (17,534) > t tabel (2,093), dan nilai p (0,000) < dari 0,05, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel. Hasil tersebut diartikan Ha: diterima dan Ho: ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan latihan bermain melempar shuttlecock terhadap peningkatkan kelincahan peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 2 Playen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan Lempar Shuttlecock, Kelincahan, Bulutangkis
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41167

Actions (login required)

View Item View Item