HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, OTOT PERUT DAN OTOT TUNGKAI DENGAN KETERAMPILAN JUMP SHOT PERMAINAN BOLABASKET PESERTA EKSTRAKURIKULER BASKET SMA N 2 KLATEN

Wicaksono, Prayogi Setyo (2016) HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, OTOT PERUT DAN OTOT TUNGKAI DENGAN KETERAMPILAN JUMP SHOT PERMAINAN BOLABASKET PESERTA EKSTRAKURIKULER BASKET SMA N 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan jump shot peserta ekstrakurikuler belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kekuatan otot lengan, otot perut dan otot tungkai dengan keterampilan jump shot peserta ekatrakurikuler basket SMA Negeri 2 Klaten. Penelitian menggunakan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah para peserta ekstrakurikuler basket putra SMA N 2 Klaten dengan jumlah sebanyak 25 orang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah tim bolabasket putra SMA N 2 Klaten sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pull up, tes sit up, tes kekuatan otot tungkai dan tes menembak 2 titik sebanyak 10 kali. Analisis data menggunakan uji regresi. Keberhasilan jump shot ditentukan oleh penguasaan teknik yang benar. Sedangkan faktor fisik merupakan faktor pendukung keterampilan jump shot. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan keterampilan jump shot, dengan rx1.y = 0,736 > r tabel = 0,4438, kekuatan otot perut dengan keterampilan jump shot, dengan rx2.y = 0,784 > r tabel = 0,4438 dan kekuatan otot tungkai dengan keterampilan jump, dengan rx3.y = 0,833 > r tabel = 0,4438. Hasil analisa korelasi ganda diperoleh (F hitung = 34,705, F tabel = 3,29) dan nilai sig = 0,000 sig <α (0,000 < 0,05), berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai dengan keterampilan jump shot peserta ekatrakurikuler bolabasket. Koefisien determinasi (r2) yang diperoleh adalah 0,867, artinya (0,867 x 100 %) = 86,7 % keterampilan jump shot peserta ekstrakurikuler basket SMA Negeri 2 Klaten ditentukan oleh kombinasi kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai sedangkan sisanya 13,3 % ditentukan oleh faktor atau variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, kekuatan otot tungkai, keterampilan jump shot
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:05
Last Modified: 30 Jan 2019 10:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41166

Actions (login required)

View Item View Item