Pengembangan Model Blended learning Menggunakan Aplikasi Edmodo pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Assalaam Sukoharjo

Alwan, Muhammad (2016) Pengembangan Model Blended learning Menggunakan Aplikasi Edmodo pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Assalaam Sukoharjo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-alwan-14707251031.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) prosedur model blended learning menggunakan edmodo, (2) tingkat kelayakan model blended learning menggunakan edmodo pada mata pelajaran geografi, (3) keefektifan model blended learning dengan menggunakan edmodo pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan yang menggunakan model ADDIE diadaptasi dari Branch (2009). Prosedur pengembangan meliputi tahap analisis, desain, pengembagan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis dan desain, dilakukan survei di lapangan untuk menganalisis kebutuhan siswa dalam kegiatan pembelajaran, selanjutnya adalah desain model blended learning dengan edmodo yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran. Pada tahap pengembangan blended learning dilakukan validasi oleh ahli model dan ahli materi, yang kemudian dilakukan revisi produk awal. Pada tahap implementasi, kegiatan yang dilakukan pada pembelajaran di kelas XI IPS SMA Assalaam, dengan memberikan pretest dan postest kepada siswa berjumlah 17 orang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk model blended learning menggunakan aplikasi edmodo yang berbasis Learning Management System (LMS) berdasarkan komponen-komponen model. Model blended learning ini dikembangkan untuk materi pelestarian lingkungan hidup. (2) Model blended learning menggunakan aplikasi edmodo telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan rerata skor 3,65 dan ahli model dengan rerata skor 3,64 dengan kategori sangat baik. (3) Keefektifan model blended learning dibuktikan melalui peningkatan hasil belajar siswa yang meningkat dari 55,29 menjadi 88,65. Respon siswa terhadap model blended learning scara umum menanggapi positif

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model blended learning, edmodo, geografi
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2016 02:21
Last Modified: 09 May 2019 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41165

Actions (login required)

View Item View Item