KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ghozali, Ahmed Syukron (2016) KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul pada saat ini belum diketahui, sehingga perlu diketahui sepenuhnya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana yang meliputi: jenis yang tersedia, jumlah total yang tersedia, kondisi (jumlah dan persentase dengan standar baik, modifikasi baik, dan yang rusak), dan status kepemilikan (jumlah dan persentase milik sendiri, meminjam, dan menyewa). Penelitian ini menggunakan metode survai dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Instrumen berupa lembar observasi atau melalui pengamatan langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 19 sekolah. Hasil dari penelitian di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yaitu: sarana yang tersedia seluruhnya ada 34 jenis, dan jumlah total seluruhnya 3331 buah, yang tersedia dengan kondisi standar (baik) sebanyak 93,70%, modifikasi (baik) sebanyak 2,40%, dan yang rusak sebanyak 3,90%. Untuk status kepemilikan, sarana milik sendiri sebanyak 99,94%, dan meminjam sebanyak 0,06%. Prasarana (perkakas) seluruhnya ada 8 jenis, dan jumlah total seluruhnya sebanyak 314 buah, yang tersedia dengan kondisi standar (baik) sebanyak 97,19%, modifikasi (baik) tidak ada atau 0%, dan yang rusak sebanyak 2,81%. Untuk status kepemilikan, prasarana (perkakas) milik sendiri sebanyak 96,14%, dan meminjam sebanyak 3,86%. Prasarana (fasilitas) seluruhnya ada 8 jenis, dan jumlah total seluruhnya sebanyak 125 buah, yang tersedia dengan kondisi standar (baik) sebanyak 98,30%, modifikasi (baik) sebanyak 0,96%, dan yang rusak sebanyak 0,74%. Untuk status kepemilikan, prasarana (fasilitas) milik sendiri sebanyak 94,10%, dan meminjam sebanyak 5,90%. Secara garis besar sarana dan prasarana tersedia dengan kondisi baik dan milik sendiri dari setiap sekolah namun masih minim bentuk modifikasi, dan tidak jarang yang sudah rusak masih disimpan sehingga dapat membahayakan penggunannya (siswa) dan mengotori tempat penyimpanan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ketersediaan, sarana, prasarana (perkakas), prasarana (fasilitas)
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41163

Actions (login required)

View Item View Item