PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL PENDIRIAN PERUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT DAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Amalia, Amalia (2016) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL PENDIRIAN PERUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT DAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Amalia.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran praktikum kewirausahaan dengan model pendirian perusahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi; (2) persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran praktikum kewirausahaan dengan model pendirian perusahaan dalam menumbuhkan keterampilan berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNY angkatan 2013 dan 2014 yang menempuh mata kuliah praktikum kewirausahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sedangkan perhitungan pengambilan sampel dihitung dengan menggunakan rumus Slovin yaitu berjumlah 111 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa memiliki persepsi yang sangat baik terhadap pembelajaran praktikum kewirausahaan dengan model pendirian perusahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha dengan persentase sebesar 50,45% atau sebanyak 56 mahasiswa; (2) mahasiswa memiliki persepsi yang baik terhadap pembelajaran praktikum kewirausahaan dengan model pendirian perusahaan dalam menumbuhkan keterampilan berwirausaha dengan persentase sebesar 60,96% atau sebanyak 71 mahasiswa. Kata Kunci: Persepsi, Praktikum Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, Keterampilan Berwirausaha.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:04
Last Modified: 30 Jan 2019 10:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41153

Actions (login required)

View Item View Item