PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010 – 2014

Suharno, Suharno (2016) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010 – 2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap harga saham perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2010-2014, baik secara parsial maupun simultan. Rasio keuangan yang diteliti yaitu: current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), return on assets (ROA), total assets turnover (TATO) dan price earning ratio (PER). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010 sampai 2014. Sampel penelitian sebanyak 7 perusahaan farmasi yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel ROA, TATO dan PER berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan CR dan DER tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan variabel CR, DER, ROA, TATO dan PER berpengaruh terhadap harga saham. Variabel CR, DER, ROA, TATO dan PER dapat menjelaskan harga saham pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010-2014 sebesar 48,64%. Kata kunci: rasio keuangan, current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), return on assets (ROA), total assets turnover (TATO) dan price earning ratio (PER), dan harga saham.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Makro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 07 Sep 2016 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 10:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41149

Actions (login required)

View Item View Item