PENGARUH PENDAPATAN, DEPENDENCY RATIO, DAN TINGKAT PENDIDIKAN NELAYAN TERHADAP POLA KONSUMSI RUMAH TANGGA NELAYAN DIPESISIR PANTAI DEPOK YOGYAKARTA

Atika Kurniasari, Desi (2016) PENGARUH PENDAPATAN, DEPENDENCY RATIO, DAN TINGKAT PENDIDIKAN NELAYAN TERHADAP POLA KONSUMSI RUMAH TANGGA NELAYAN DIPESISIR PANTAI DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, dependency ratio, dan tingkat pendidikan nelayan terhadap pola konsumsi rumah tangga nelayan di pesisir Pantai Depok Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nelayan yang melakukan kegiatan penangkapan ikan di pesisir Pantai Depok Yogyakarta sebanyak 116 orang nelayan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 orang nelayan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan program spss versi 17 for window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendapatan nelayan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pola konsumsi rumah tangga nelayan dengan nilai probability 0,030<0,05; 2) dependency ratio nelayan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pola konsumsi rumah tangga nelayan dengan nilai probability 0,000<0,05; 3) tingkat pendidikan nelayan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pola konsumsi rumah tangga nelayan dengan nilai probability 0,299>0,05; 4) secara bersama-sama/ simultan pendapatan, dependency ratio dan tingkat pendidikan nelayan berpengaruh terhadap pola konsumsi rumah tangga nelayan dengan nilai probability 0,000<0,05. Dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,707 atau 70,7%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 70,7% tingkat konsumsi dipengaruhi oleh pendapatan, dependency ratio, dan tingkat pendidikan sedangkan sisanya 29,3% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Pendapatan, Dependency ratio, Tingkat Pendidikan, Pola Konsumsi, Nelayan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 07 Sep 2016 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41144

Actions (login required)

View Item View Item