Penerapan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Menjahit Busana pada Mata Kuliah Teknologi Busana

Yuliati, Nanie Asri (2011) Penerapan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Menjahit Busana pada Mata Kuliah Teknologi Busana. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nanie-asri-yuliati-08702254009.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan tindakan pembelajaran menggunakan metode peer teaching, mengetahui sikap mahasiswa, kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan menjahit, dukungan dan hambatan, jumlah mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugas dengan baik sesuai dengan waktu yang ditetapkan, menilai kualitas hasil pekerjaan mahasiswa, mengevaluasi refleksi mahasiswa sebagai tutor dan refleksi mahasiswa pada saat mendapat bimbingan dari tutor selama menggunakan metode pembelajaran peer teaching pada mata kuliah Teknologi Busana. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Busana FT UNY (S1) semester 1, berjumlah 45 orang yang menempuh mata kuliah Teknologi Busana pada tahun 2010. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi untuk mengamati kompetensi atau hasil belajar Teknologi Busana pada aspek afektif dan psikomotor, dokumentasi untuk mencari data asal sekolah, tes kinerja untuk mengukur kompetensi praktik menjahit, tes tertulis untuk mengukur kemampuan pengetahuan menjahit, dan wawancara untuk mengetahui hambatan selama pelaksanaan pembelajaran. Isi instrumen penelitian divalidasi menggunakan expert judgment oleh pakar sejawat. Teknik analisa data penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (51,1%) berasal dari SMK Tata Busana, diterima melalui jalur non tes yaitu PBU dan Bidik Misi (48,9%) berasal dari bukan SMK Tata Busana, diterima melalui jalur tes tertulis yaitu SNMPTN, (35,6%) mempuyai kemampuan awal yang baik, (64,4%) mempunyai kemampuan awal rendah dan belum memenuhi standar kompetensi minimal menjahit. Mahasiswa yang berasal dari SMK Tata Busana (20%) berkemampuan sangat baik dan dapat dipilih sebagai tutor. Sebagian besar (86,7%) sikap mahasiswa berada pada kategori baik. Sebagian besar mahasiswa (89,9%) dapat menyelesaikan tugas tidak melebihi waktu yang ditetapkan. Nilai rerata mahasiswa (51,1%) stabil pada kategori sangat baik dan memenuhi standar mutu, ini berasal dai SMK Tata Busana, (37,8%) mempunyai nilai rerata baik, (11,1%) mempunyai nilai rerata cukup. Nilai pree test menunjukkan (35,6%) mahasiswa mendapat nilai baik, setelah post test meningkat menjadi (95,6%) mahasiswa yang mendapat nilai baik. Mahasiswa yang menjadi tutor merefleksi metode peer teaching sebagai kegiatan awal untuk menjadi guru,sedangkan mahasiswa yang dibimbing merefleksi metode peer teaching dapat memberi motivasi untuk berprestasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode peer teaching, meningkatkan kompetensi dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2016 07:27
Last Modified: 29 Jan 2019 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41133

Actions (login required)

View Item View Item