Pengembangan Media Pembelajaran E-scaffolding Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Kelas XI

Saputri, Affa Ardhi (2016) Pengembangan Media Pembelajaran E-scaffolding Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Kelas XI. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-affa-ardhi-saputri-14726251035.swf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan e-scaffolding fisika dengan representasi matematis dan representasi gambar/diagram dan (2) keefektifan e-scaffolding fisika dengan representasi matematis dan representasi gambar/diagram untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model Borg & Gall yang terdiri dari lima tahap yaitu: (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk (penyusunan produk, validasi & revisi); (4) pengujian terbatas dan revisi produk, uji lapangan dan revisi produk; serta (5) diseminasi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon peserta didik, lembar wawancara guru, tes kemampuan memecahkan masalah, dan lembar observasi sikap ilmiah. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Wonosari. Responden dalam penelitian ini terdiri dari enam orang validator, 24 orang peserta didik pada uji coba terbatas dan 48 orang peserta didik pada uji coba lapangan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran e-scaffolding fisika yang dilengkapi dengan RPP, LKPD, tes kemampuan memecahkan masalah, dan lembar observasi sikap ilmiah. Hasil validasi menunjukkan e-scaffolding fisika yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media e-scaffolding fisika memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan hasil uji manova diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah dan sikap ilmiah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-scaffolding, kemampuan memecahkan masalah, sikap ilmiah, representasi matematis, representasi gambar/diagram
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Sep 2016 06:56
Last Modified: 09 May 2019 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41128

Actions (login required)

View Item View Item