Fitri, Izza (2016) Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak melalui Media Gambar Di TK Kusuma I Nologaten Yogyakarta (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok A 4-5 Tahun di TK Kusuma I Nologaten Yogyakarta). S2 thesis, UNY.
Text
tesis-izza-fitri-14717251012.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media gambar pada anak kelompok A di TK Kusuma I Nologaten Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengobservasian, dan perefleksian. Subjek penelitian adalah 20 anak kelompok A TK Kusuma I Nologaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase kemampuan berbicara anak mencapai≥75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara melalui media gambar dapat meningkat. Kondisi awal kemampuan berbicara anak kelompok A di TK I Nologaten Yogyakarta sebesar 55,83%. Pada Siklus I kemampuan berbicara meningkat menjadi 69,26%, sehingga persentase peningkatan antara sebelum tindakan ke Siklus I sebesar 13,43%. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berbicara menjadi 87,59%. Peningkatan persentase kemampuan berbicara antara Siklus I ke Siklus II yaitu sebesar 18,33%. Media gambar dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak TK kelompok A usia 4-5 tahun
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berbicara, media gambar, taman kanak-kanak usia 4-5 tahun |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 06:50 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41127 |
Actions (login required)
View Item |