PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MATERI PENGENALAN INTERNET UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CEPER KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Pratama, Yoko Rizki (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MATERI PENGENALAN INTERNET UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CEPER KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2013/ 2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Yoko Rizki Pratama_09105244038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan untuk pembelajaran mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pada materi pengenalan internet untuk siswa kelas XI SMA ditinjau dari aspek pembelajaran, aspek isi, aspek tampilan dan aspek pemrograman. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ceper. Obyek penelitian ini berupa multimedia interaktif pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pada materi pengenalan internet. Setting penelitian mengambil tempat di lab komputer di SMA Negeri 1 Ceper. Metode yang digunakan dalam pengambilan data dengan menggunakan angket/kuesioner. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pada materi pengenalan internet dinyatakan layak dan tervalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari angket kualitas produk multimedia yang dikembangkan temasuk dalam katagori “baik” dengan rata-rata skor 4,07. Hal tersebut berdasarkan validasi ahli dan uji coba. Menurut ahli materi kualitas produk adalah “baik” dengan rata-rata 4,00. Menurut ahli media kualitas produk adalah “sangat baik” dengan rata-rata 4,28. Menurut data uji coba perorangan kualitas produk termasuk dalam kategori “baik” dengan rata-rata 4,01. Menurut data hasil uji coba kelompok kecil kualitas produk termasuk dalam kategori “baik” dengan rata-rata 4,14 dan pada uji coba lapangan termasuk kategori “baik” dengan rata-rata 3,93.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 07 Sep 2016 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41123

Actions (login required)

View Item View Item