Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together untuk Peningkatan Kerjasama dan Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Depok Sleman

Sugestiningsih, Rijeki (2016) Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together untuk Peningkatan Kerjasama dan Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Depok Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rijeki-sugestiningsih-14705251019.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together untuk: (1) peningkatan kerjasama, dan (2) peningkatan tanggung jawab siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah quasi experimental research dengan pre-test post-test nonequivalent group design. Populasi penelitian adalah 128 siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Depok Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah kelas VIII A dan VIII B yang masing-masing terdiri atas 31 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui kerjasama dan tanggung jawab siswa. Validitas instrumen diukur dengan analisis faktor dan reliabilitas diuji dengan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas dilakukan dengan Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan Levene test. Pengujian hipotesis dengan teknik independent sample t-test pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together untuk peningkatan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPS, dengan nilai t = 0,004 < 0,05. Rerata gain score kerjasama siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan Numbered Heads Together (0,73 > 0,62). (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together untuk peningkatan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS dengan nilai t = 0,000 < 0,05. Hasil rerata gain score tanggung jawab siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan Numbered Heads Together (0,87 > 0,57). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif untuk meningkatkan kerjasama dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: jigsaw, numbered heads together, kerjasama, tanggung jawab
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Sep 2016 06:35
Last Modified: 09 May 2019 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41122

Actions (login required)

View Item View Item