Pengembangan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Optik pada Mata Manusia

Sukmasari, Vidya Putri (2016) Pengembangan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Optik pada Mata Manusia. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-vidya-putri-sukmasari-14708251125.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian proyek pada pembelajaran IPA berbasis discovery learning yang valid dan reliable untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah, (2) mengetahui kelayakan dan kepraktisan instrumen penilaian proyek dalam pembelajaran IPA berbasis discovery learning pada materi optik pada mata manusia hasil pengembangan, dan (3) mengetahui hasil pengukuran keterampilan pemecahan masalah peserta didik menggunakan instrument hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan research & development menggunakan model pengembangan perpaduan 4D dengan instrumen nontes. Prosedur penelitian meliputi analisis kebutuhan, menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran, mentelaah instrumen, merakit instrumen, mengujicoba instumen, menganalisis hasil ujicoba, memperbaiki instrumen, melaksanakan pengukuran, menafsirkan hasil pengukuran; dan penyebaran instrumen. Subjek uji coba produk dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi metode tes dan nontes. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah lembar: (1) pedoman wawancara, (2) validasi penilaian proyek, (3) penilaian proyek yang dikembangkan, (4) keterlaksanaan pembelajaran, dan (5) angket respon guru. Hasil instrumen tersebut secara urut digunakan untuk: (1) penilaian kebutuhan, (2) memperbaiki kisi-kisi instrumen yang dibuat, (3) mengukur keterampilan pemecahan masalah, (4) mengukur keterlaksanaan sintaks model discovery learning, dan (5) mengukur kepraktisan instrumen hasil pengembangan. Instrumen penilaian proyek hasil pengembangan memiliki kualitas baik karena telah memenuhi ketiga aspek kualitas instrumen. Instrumen Penilaian proyek hasil pengembangan memiliki nilai V’Aiken antara 0,86 – 1 yang berarti valid dan nilai reliabilitas pertemuan pertama, kedua, dan ketiga secara urut 0,921, 0,939, dan 0,933 yang masuk kategori istimewa sehingga telah layak digunakan sebagai alat ukur. Hasil pengukuran keterampilan pemecahan masalah yang diukur dengan menggunakan instrumen penilaian proyek memperoleh nilai A (sangat baik) pada aspek merumuskan/ merencanakan solusi alternatif memperoleh nilai ,dan nilai B (Baik) pada aspek memahami dan mendefinisikan permasalahan, menentukan dan menerapkan strategi/solusi pemecahan, serta mengevaluasi. Instrumen penilaian proyek dengan model discovery learning praktis untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah dengan kategori sangat baik

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian proyek, keterampilan pemecahan masalah, discovery learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Sep 2016 06:26
Last Modified: 09 May 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41119

Actions (login required)

View Item View Item