PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA FASILITAS BENGKEL DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTEK LAS DASAR KELAS X DI JURUSAN MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Sofyan, Pradika Laksono (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA FASILITAS BENGKEL DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTEK LAS DASAR KELAS X DI JURUSAN MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sofyan Pradika Laksono 09503241021.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA FASILITAS BENGKEL DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTEK LAS DASAR KELAS X DI JURUSAN MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh: Sofyan Pradika Laksono NIM. 09503241021 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui persepsi siswa pada fasilitas bengkel; (2) Mengetahui minat siswa pada mata pelajaran praktik las dasar; (3) Mengetahui prestasi mata pelajaran praktik las dasar; (4) Mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap fasilitas praktek dengan prestasi siswa pada mata pelajaran praktek las dasar; (5) Mengetahui hubungan minat siswa terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran praktek las dasar; (6) Mengetahui apakah hubungan antara persepsi siswa pada fasilitas bengkel dan minat siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktik di jurusan mesin SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan kelas X jurusan mesin dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling random strata. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket (kuesioner). Angket dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok untuk mengungkap data persepsi siswa pada fasilitas bengkel dan minat siswa. Nilai tes digunakan untuk mengungkap prestasinya. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis korelasi Pearson Product Moment, korelasi ganda, dan uji regresi. Pengolahan data menggunakan metode manual dan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa pada fasilitas bengkel dapat dikatan baik; (2) Minat siswa dapat dikatakan baik; (3) Prestasi belajar siswa kelas X jurusan teknik mesin dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari 51 (65,38 %) siswa berada di atas rerata nilai; (4) Persepsi Siswa pada fasilitas bengkel berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktek las dasar dengan taraf interprestasi kuat; (5) Minat siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktek las dasar dengan taraf interprestasi sedang; (6) Persepsi siswa pada fasilitas bengkel dan minat siswa secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktek las dasar dengan taraf interprestasi sedang. Kata Kunci: Persepsi siswa, Fasilitas bengkel, Minat, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 05 Sep 2016 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 10:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41096

Actions (login required)

View Item View Item