PENGUASAAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN MENGOLAH MAKANAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Irma Vashti, Amethys (2016) PENGUASAAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN MENGOLAH MAKANAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IKRAR ARYA K._07504241004.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGUASAAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN MENGOLAH MAKANAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA oleh Irma Vashti Amethys NIM. 0751124107 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penguasaan kompetensi mata pelajaran Mengolah Masakan Indonesia (MMI) pada siswa kelas XI program keahlian Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta dari aspek pengetahuan.(2) Mengetahui Penguasaan kompetensi mata pelajaran MMI pada siswa kelas XI program keahlian tata boga SMK N 4 Yogyakarta ditinjau dari aspek sikap. (3) Mengetahui penguasaan kompetensi mata pelajaran MMI pada siswa kelas XI program keahlian tata boga SMK N 4 Yogyakarta ditinjau dari aspek keterampilan. 4) Mengetahui penguasaan kompetensi mata pelajaran MMI pada siswa kelas XI program keahlian Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2012 sampai dengan bulan Oktober 2013. Tempat penelitian di SMK N 4 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI Program Keahlian Jasa Boga dengan jumlah 122 responden dan diperoleh sampel sebanyak 92 responden. Teknik yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel penelitian adalah variabel mandiri yaitu penguasaan kompetensi mata pelajaran MMI dengan sub variabel aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. Metode pengukuran pengetahuan menggunakan tes tertulis sejumlah 20 item, sikap menggunakan lembar observasi sejumlah 20 item, dan keterampilan menggunakan lembar observasi sejumlah 39 item. Uji validitas tes pengetahuan menggunakan SPSS versi 16 dengan hasil 19 butir valid, 1 butir tidak valid. Nilai reliabilitas alpha 0,796. Untuk aspek sikap menggunakan SPSS versi 16 dengan hasil 18 butir valid, 2 butir tidak valid. Nilai reliabilitas alpha 0,764. Untuk aspek keterampilan 39 butir valid. Nilai reliabilitas 0,859. Analisis data menggunakan teknik Analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penguasaan kompetensi mata pelajaran MMI pada siswa kelas XI program keahlian Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta ditinjau dari aspek pengetahuan yaitu kompeten sebesar 65% atau 60 siswa. 2) Penguasaan kompetensi mata pelajaran MMI pada siswa kelas XI program keahlian Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta ditinjau dari aspek sikap yaitu kompeten sebesar 41% atau 38 siswa. 3) Penguasaan kompetensi mata pelajaran MMI pada siswa kelas XI program keahlian Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta ditinjau dari aspek keterampilan yaitu kompeten sebesar 57% atau 52 siswa. 4) Penguasaan kompetensi mata pelajaran MMI pada siswa kelas XI program keahlian Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta yaitu kompeten sebesar 52% atau 47 siswa Kata kunci: Penguasaan Kompetensi, pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 05 Sep 2016 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 10:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41092

Actions (login required)

View Item View Item