PENGARUH TINGKAT KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA DI SMP N 15 YOGYAKARTA

Sulistiya, Febri (2016) PENGARUH TINGKAT KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA DI SMP N 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FEBRI SULISTIYA_12601244112.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara: (1) Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar penjasorkes (2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar penjasorkes (3) Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerasan emosional terhadap prestasi belajar penjasorkes. Penelitian menggunakan metode korelasional dengan pendekatan regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A, VIII C, dan IX E diambil secara purposive sampling sebanyak 100 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes IQ yang dilakukan oleh Yayasan Jasa Psikologi Bina Asih Yogyakarta bekerja sama dengan pihak sekolah, angket kecerdasan emosional dengan reliabilitas angket 0,954, dan prestasi belajar penjasorkes meggunakan nilai raport semester gasal. Analisis data yang digunakan regresi linier berganda dengan kecerdasan intelektual (X1), kecerdasan emosional (X2) sebagai prediktor dan prestasi belajar penjasorkes (Y). Berdasarkan komasis diperoleh persamaan regressi sebagai berikut: Y = 0,04 X1 + 0,03 X2 +2,708 dengan koefisien determinasi (R2) 0,149 artinya (0,149 x 100%) = 14,9% pretasi belajar penjasorkes dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional, 85,1% dipengarugi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar penjasorkes. Kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar penjasorkes. Kecerdasan intelektual dan kecerdasn emosional bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar penjasorkes.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, prestasi belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Sep 2016 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 10:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41091

Actions (login required)

View Item View Item