PEMAHAMAN, KUALIFIKASI, KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KINERJA GURU PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMK SE-KABUPATEN MUARA ENIM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Purnata, Hendi (2014) PEMAHAMAN, KUALIFIKASI, KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KINERJA GURU PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMK SE-KABUPATEN MUARA ENIM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HENDI PURNATA-10501249002.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemahaman guru tentang kurikulum 2013, (2) kualifikasi pendidik, (3) kompetensi pendidik, dan (4) motivasi kerja (5) kinerja guru pada paket keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMK se-Kabupaten Muara Enim dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah seluruh guru pada paket keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMK se-Kabupaten Muara Enim yang berjumlah sembilan guru. Peneliti mengambil data berada di Sekolah Menengah Kejuruan di seluruh Kabupaten Muara Enim khususnya SMK yang terdapat paket keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik selama satu bulan. Data dalam penelitian ini diambil melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif menggunakan mean dan persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pemahaman guru pada paket keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMK se-Kabupaten Muara Enim sangat kurang. Guru belum memahami tentang kurikulum secara utuh karena disebabkan kurangnya sosialisasi tentang kurikulum 2013, (2) kualifikasi pendidik pada paket keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMK se-Kabupaten Muara Enim yang memenuhi dengan persentase 55,6%, (3) kompetensi Pendidik pada paket keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMK se-Kabupaten Muara Enim dalam kategori sangat baik dengan persentase 88%, (4) motivasi kerja pada paket keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMK se-Kabupaten Muara Enim dengan pencapaian 84% dalam kategori baik, (5) kinerja guru pada paket keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMK se-Kabupaten Muara Enim dalam kategori sangat baik dengan pencapaian persentase 85%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Kinerja Guru, dan Kurikulum 2013
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 05 Sep 2016 07:28
Last Modified: 04 Mar 2019 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41090

Actions (login required)

View Item View Item