Hidayat, Gunawan (2011) Manajemen Sarana Produksi Ternak Pada Program Keahlian Budidaya Ternak SMK N 1 Pandak Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-gunawan-hidayat-09702251016.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana produksi ternak pada program keahlian budidaya ternak SMK N 1 Pandak Bantul Yogyakarta, yang meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan dan perawatan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang dilakukan pada kondisi alamiah. Pendekatannya pun dilakukan secara kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana dan Prasarana, Kepala Program Keahlian, Guru-guru Produktif, Koordinator Sarana dan Prasarana. Obyek penelitian mencangkup aspek perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan, dan perawatan sarana produksi ternak. Teknik pengumpulan data dan informasi yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Yang menjadi instrument adalah peneliti itu sendiri (human instrument). Keabsahan data digunakan meliputi derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan menurut Miles & Huberman (1984: 21). Hasil Penelitian pada Program Keahlian Budidaya Ternak SMK N 1 Pandak Bantul Yogyakarta: (1) Perencanaan yang ada, berkaitan dengan pencarian dana, pengadaan/pembelian peralatan, inventarisasi, dan pelaksanaan kegiatan praktek hingga pemasaran hasil produksi ternak serta penambahan ternak dan sarana lain berupa kandang. (2) Pengorganisasian di Program Studi Budidaya Ternak yang meliputi pengangkatan dan pemberhentian serta tugas dan tanggung jawab yang menyertai jabatan sepenuhnya dilakukan oleh Kepala Program studi. Pengelompokan dan penataan yang sarana/peralatan belum mendapatkan perhatian yang serius. (3) Pemanfaatan atau pemakaian sarana/peralatan disesuaikan dengan kompetensi keahlian (unggas dan ruminansia) yang dipilih oleh peserta didik, dengan mengacu pada silabus yang realisasinya disesuaikan dengan rencana program pembelajaran atau RPP. (4) Perawatan hanya dilakukan sehabis pelaksanaan praktek siswa dengan jalan membersihkan dan mensanitasi alat lalu disimpan di gudang, sedangkan perawatan peralatan selama penyimpanan tidak dilaksanakan. (5) Faktor pendukung manajemen Sapronak adalah kinerja guru yang jujur, kompak, bisa diajak bekerjasama, peralatan yang masih baru dan kepercayaan mengelola keuangan oleh pihak sekolah. Faktor penghambatnya, kurang kesadaran memiliki peralatan dan pemahaman yang berbeda mengenai standar/prosedur pengoperasionalkan peralatan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, sarana produksi ternak |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 06:33 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 02:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41083 |
Actions (login required)
View Item |