Purnomo, Edy (2011) Efektivitas KKN-PPL Terpadu di SMK Negeri dan Swasta Provinsi DIY. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-edy-purnomo-027225008.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) efektivitas persiapan KKN- PPL; 2) efektivitas pelaksanaan KKN; 3) efektivitas pelaksanaan PPL; 4) capaian kompetensi mahasiswa Fakultas Teknik UNY dalam bentuk nilai KKN-PPL; 5) ada tidaknya perbedaan tingkat efektivitas KKN-PPL ditinjau dari variasi jurusan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitiannya 207 mahasiswa FT-UNY yang melaksanakan program KKN-PPL 2006/2007, dengan sampel sebanyak 147 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Kuesioner digunakan untuk menjaring data persiapan dan pelaksanaan program KKN-PPL mahasiswa FT-UNY. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui Nilai Pencapaian Hasil KKN-PPL mahasiswa FT-UNY. Analisis instrumen untuk efektivitas KKN-PPL menggunakan program SPSS 15.0. Analisis data mencakup analisis deskriptif, analisis uji beda (Uji-F), dan ANOVA satu jalan. Hipotesis penelitiannya adalah tidak ada perbedaan tingkat efektivitas pelaksanaan KKN-PPL, dilihat dari aspek variasi jurusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan KKN-PPL di SMK Negeri dan Swasta Provinsi DIY berjalan secara efektif. Dan tidak ada perbedaan tingkat efektivitas pelaksanaan KKN-PPL, dilihat dari aspek variasi jurusan (F hitung KKN=0.590< F tabel = 2.440, significans 0.670, dan F hitung PPL=0.481< F tabel = 2.440, significans 0.750). Hasil selengkapnya adalah: (1) Persiapan yang dilakukan telah berjalan efektif. Nilai rerata dari persiapan KKN-PPL sebesar 3.41 termasuk pada bobot score 3.251 - 4.000, kategori efektif; (2) Efektivitas pelaksanaan KKN termasuk dalam kategori efektif. Karena nilai rerata dari pelaksanaan KKN sebesar 3.18 termasuk pada bobot score 2.510 – 3.250, kategori efektif; (3) Efektivitas pelaksanaan PPL-nya juga termasuk dalam kategori efektif. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis data secara deskriftif, bahwa nilai rerata dari pelaksanaan PPL sebesar 3.15 termasuk pada bobot score 2.510 – 3.250 dalam kategori efektif; (4) Capaian kompetensi mahasiswa Fakultas Teknik UNY dalam bentuk nilai KKN-PPL reratanya sebesar 84.5706 dan 84.5590; 5) Tidak ada perbedaan tingkat efektivitas KKN-PPL ditinjau dari variasi jurusan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, KKN-PPL terpadu |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 06:22 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 04:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41082 |
Actions (login required)
View Item |