Basori, Basori (2011) Kompetensi Guru Teknik Pemesinan dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Kota Surakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-basori-07702251008.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) profil kompetensi guru teknik pemesinan di SMK Kota Surakarta; dan (2) pengaruh kompetensi pedagogik guru teknik pemesinan, kompetensi kepribadian guru teknik pemesinan, kompetensi sosial guru teknik pemesinan, dan kompetensi profesional guru teknik pemesinan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan di kota Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 348 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 5 sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru Teknik Pemesinan pada kategori sangat tinggi = 64,9%; dan kategori tinggi = 35,1%; kompetensi kepribadian guru Teknik Pemesinan pada kategori sangat tinggi = 55,5%; kategori tinggi = 43,1%; dan kategori sedang = 1,4%; kompetensi sosial guru Teknik Pemesinan pada kategori sangat tinggi = 48,9%; kategori tinggi = 48,6%; dan kategori sedang = 2,6%; kompetensi profesional guru Teknik Pemesinan pada kategori sangat tinggi = 67,5%; dan kategori tinggi = 32,5%; Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang positif kompetensi pedagogik guru teknik pemesinan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,283 dengan nilai thitung = 5,491 dan sumbangan efektif sebesar 8,0%; (2) terdapat pengaruh yang positif kompetensi kepribadian guru teknik pemesinan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,234 dengan nilai thitung = 4,475 dan sumbangan efektif sebesar 5,5%; (3) terdapat pengaruh yang positif kompetensi sosial guru teknik pemesinan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,697 dengan nilai thitung = 18,082 dan sumbangan efektif sebesar 48,6%; dan (4) terdapat pengaruh yang positif kompetensi profesional guru teknik pemesinan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,268 dengan nilai thitung = 5,183 dan sumbangan efektif sebesar 7,2%. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama kompetensi pedagogik guru teknik pemesinan, kompetensi kepribadian guru teknik pemesinan, kompetensi sosial guru teknik pemesinan, dan kompetensi profesional guru teknik pemesinan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi Ry(1,2,3,4) = 0,714 dengan Fhitung = 89,050 dan sumbangan efektif 50,9%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi guru, prestasi belajar siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 06:06 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 07:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41081 |
Actions (login required)
View Item |