Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Jerman di SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan Penerapan Picture Word Inductive Model (PWIM)

Rahmadani, Rahmadani (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Jerman di SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan Penerapan Picture Word Inductive Model (PWIM). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmadani-14706251056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses penerapan PWIM dalam pembelajaran menulis bahasa Jerman di SMA Negeri 3 Yogyakarta; dan 2) peningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman di SMA Negeri 3 Yogyakarta setelah menggunakan PWIM. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini berfokus pada peningkatan keterampilan menulis bahasa Jerman menggunakan PWIM. Peneliti berperan sebagai pelaksana tindakan dan dibantu kolaborator selaku observer. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data dilakukan melalui teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan PWIM dalam pembelajaran menulis bahasa Jerman dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Penggunaan PWIM mampu meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Peningkatan proses terlihat dari kemampuan PWIM dalam memberikan perubahan positif dalam kegiatan menulis bahasa Jerman. Perubahan tersebut meliputi peningkatan: interaksi siswa dalam pembelajaran, minat dan motivasi siswa dalam menulis bahasa Jerman, penguasaan kosakata bahasa Jerman, dan pengembangan ide dalam menulis bahasa Jerman. Peningkatan hasil terlihat dari kenaikan rerata hasil tes menulis bahasa Jerman. Berdasarkan hasil tes siklus I, nilai rerata siswa adalah 78. Pada siklus I, 78% siswa telah mencapai KKM. Pada siklus II, keterampilan menulis siswa meningkat lebih signifikan. Berdasarkan hasil tes siklus II, nilai rerata siswa adalah 84. Pada siklus II, 100% siswa telah mencapai KKM.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, keterampilan menulis bahasa Jerman, PWIM
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Sep 2016 05:54
Last Modified: 09 Nov 2022 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41071

Actions (login required)

View Item View Item