Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Pendekatan Ilmiah Dengan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Munaf, Ismaya (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Pendekatan Ilmiah Dengan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ismaya-munaf-14728251003.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran kimia berbasis pendekatan ilmiah dengan model inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik SMA/MA, dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran kimia berbasis pendekatan ilmiah dengan model inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah 4-D (four D model). Pengembangan perangkat pembelajaran dimulai dari tahap studi pendahuluan, desain produk, pengembangan produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan tiga guru kimia SMA. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas XI IPA 4 SMA N 4 Yogyakarta. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMA N 4 Yogyakarta kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, angket dan tes tertulis. Analisis data menggunakan uji statistik multivariat (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran kimia yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, dan (3) perangkat pembelajaran kimia berbasis pendekatan ilmiah dengan model inkuiri efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA N 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan ilmiah, model inkuiri, kemampuan berpikir kritis, sikap imiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Sep 2016 02:47
Last Modified: 09 May 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41055

Actions (login required)

View Item View Item