Munaf, Ismaya (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Pendekatan Ilmiah Dengan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-ismaya-munaf-14728251003.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran kimia berbasis pendekatan ilmiah dengan model inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik SMA/MA, dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran kimia berbasis pendekatan ilmiah dengan model inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah 4-D (four D model). Pengembangan perangkat pembelajaran dimulai dari tahap studi pendahuluan, desain produk, pengembangan produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan tiga guru kimia SMA. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas XI IPA 4 SMA N 4 Yogyakarta. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMA N 4 Yogyakarta kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, angket dan tes tertulis. Analisis data menggunakan uji statistik multivariat (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran kimia yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, dan (3) perangkat pembelajaran kimia berbasis pendekatan ilmiah dengan model inkuiri efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA N 4 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan ilmiah, model inkuiri, kemampuan berpikir kritis, sikap imiah |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 02:47 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |