Unton, Ali Rahmat (2011) Pengembangan E-Learning Dengan Menerapkan Prinsip Modality sebagai Media Pembelajaran. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-ali-rahmat-unton-09702251018.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-learning (e-Physics for all) dengan menerapkan prinsip modality dengan bentuk dan isi yang telah ditetapkan, (2) mengetahui kualitas kelayakan e-learning sebagai media pembelajaran, dan (3) mengetahui efektifitas e-learning dengan menerapkan prinsip modality. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Berdasarkan model pengembangan e-learning maka disusunlah prosedur pengembangan, yaitu tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi Ahli Media dan Ahli Materi (Tes Alfa) untuk mengeliminasi permasalahan prosedur, kesesuaian dengan tujuan dan alur komunikasinya. Setelah dilakukan revisi produk awal, maka dilakukan Tes Beta yang melibatkan guru dan siswa (klien) untuk mengetahui kelemahan e-learning ketika dicoba pada klien, sehingga direvisi pada tingkat akhir. Setelah itu dilakukan Tes Sumatif untuk mengetes e-learning dalam pembelajaran nyata. Tes Beta dan Tes Sumatif melibatkan guru dan siswa sebagai subjek coba. Peserta Tes Beta sebanyak tiga orang dan seorang guru Fisika. Pada tahap Tes Sumatif, kelas dibagi dua kelompok dengan teknik pembagian secara acak (random) berdasarkan nomor absen, masing-masing kelompok beranggotakan 14 siswa. Kelompok I diberi presentasi multimedia animasi-narasi dan kelompok II diberi presentasi multimedia animasi-teks. Hal ini dibuat untuk mengetahui apakah hasil belajar e-learning dengan presentasi multimedia animasi-narasi lebih baik dari pada presentasi multimedia animasi-teks. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) e-learning yang dihasilkan adalah sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online dengan software aplikasi moodle. e-learning menyajikan materi pembelajaran Fisika, khususnya kelas XII SK ke-14, KD ke-2, beserta contoh soal dan quis. (2) e-learning dengan menerapkan prinsip modality layak sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi Ahli Media, Ahli Materi, guru dan siswa dengan skala 5, kelayakan mencapai rereta skor 4,3 (kategori “sangat baik”). (3) efektifitas media e-learning menerapkan prinsip modality, dengan presentasi multimedia animasi-narasi lebih baik dari pada presentasi multimedia animasi-teks berdasarkan pencapaian hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-learning, prinsip modality, media pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 08:54 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 05:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41054 |
Actions (login required)
View Item |