ANALISIS PERMASALAHAN PEMBELAJARAN SISTEM REM DAN KEMUDI MENURUT PERSEPSI GURU DAN SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 2 WONOSARI

Ardina, Praja Martanto (2016) ANALISIS PERMASALAHAN PEMBELAJARAN SISTEM REM DAN KEMUDI MENURUT PERSEPSI GURU DAN SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ARDINA PRAJA MARTANTO.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ANALISIS PERMASALAHAN PEMBELAJARAN SISTEM REM DAN KEMUDI MENURUT PERSEPSI GURU DAN SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 2 WONOSARI Oleh : Ardina Praja Martanto NIM. 12504247009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji tingginya permasalahan pada pembelajaran praktik sistem rem dan kemudi; (2) mengkaji faktor penyebab permasalahan pembelajaran praktik sistem rem dan kemudi; (3) dan menyimpulkan alternatif pemecahan permasalahan praktik sistem rem dan kemudi teknik kendaraan ringan di SMK N 2 Wonosari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode expost facto. Subyek penelitian ini terdiri dari 2 guru praktik sistem rem dan kemudi dan siswa kelas XII TKR A, B, dan C sebanyak 96 siswa. Semua siswa diambil datanya sebagai data pokok. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Uji validitas instrumen menggunakan experts judgment dan uji validitas dengan rumus product moment. Uji reliabilitas angket menggunakan rumus Alfa Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menurut persepsi guru, terdapat tingkat permasalahan yaitu, tidak bermasalah pada tingkat pendidikan, pengalaman latihan, sikap terhadap siswa, pengelolaan komponen pembelajaran, ketaatan siswa terhadap peraturan kelas, perlakuan tidak baik siswa di kelas, kecakupan penerangan praktik, semua unsur faktor lingkungan dan unsur pendukung pembelajaran. Kategori rendah pada pengetahuan sifat dan kondisi peserta didik (75%), sikap guru terhadap pekerjaan (88%), perhatian (87.5%), keseriusan (87.5%), peralatan (75%), kenyamanan (87.5%), prabot praktik (79.16%). Kategori sedang pada kecakupan bahan praktik (64.58%). Menurut persepsi siswa, kategori tidak bermasalah pada perlakuan tidak baik dikelas, penerangan tempat praktik, semua unsur faktor lingkungan dan unsur pendukung pembelajaran. Kategori rendah pada perhatian (78.80%), keseriusan (76.69%), ketaatan terhadap peraturan (88.15%), peralatan (74.48%), kenyamanan (82.55%), prabot praktik (85.68%). Kategori sedang pada kecakupan bahan praktik. (2). Penyebab permasalahan Dari faktor guru : kurangnya pengetahuan kondisi siswa, sikap terhadap pekerjaan. Faktor siswa menurut persepsi guru: kurangnya perhatian, keseriusan saat praktik. Faktor siswa menurut persepsi siswa: kurangnya perhatian, keseriusan saat praktik, ketaatan siswa terhadap peraturan kelas. Faktor sarana dan prasarana menurut persepsi guru: kecakupan bahan pembelajaran praktik, cakupan peralatan praktik, ketidaknyamanan terhadap tata letak tempat praktik, dan kurang tersedianya perabot praktik yang ergonomi. (3).Pemecahan masalah dapat dilakukan dengan melakukan pendekatan/pengenalan lebih terhadap kondisi siswa, menegur dan memberi hukuman tegas kepada siswa yang melakukan tindakan melanggar peraturan, menjelaskan fungsi dari komponen serta menjelaskan perbedaan jenis/tipe komponen yang tidak ada dibengkel, dan memutarkan video/animasi cara kerja suatu komponen, meminjam peralatan/kunci yang dibutuhkan di bengkel engine, bagi kelompok yang mendapat job yang memungkinkan diangkat maka melakukan praktik di teras bengkel. Kata Kunci: Permasalahan, pembelajaran, sistem rem dan kemudi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Sep 2016 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 10:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41053

Actions (login required)

View Item View Item