PANDUAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK REMAJA BERBASIS ANDROID

Santosa, Asep (2016) PANDUAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK REMAJA BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ASEP SANTOSA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan beberapa siswa memahami panduan kebugaran jasmani yang telah ada dan belum tepatnya sumber informasi mengenai kebugaran jasmani yang terbarukan dan sesuai dengan usia remaja. Tujuan penelitian ini dirancang untuk membuat panduan aktivitas kebugaran jasmani untuk remaja yang diakses menggunakan smartphone bersistem operasi android. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Tahap yang digunakan adalah proses pengembangan perangkat lunak oleh Pressman(2001) yang meliputi analisi kebutuhan, desain, pembuatan kode program, dan pengujian. Pengujian dilakukan melalui pengujian alpha-beta, validasi dan kelayakan berdasarkan faktor usability. Pengujian alpha dilakukan oleh pengembang, pengujian validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan menggunakan angket yang bernilai skala 5, pengujian beta meliputi uji kelayakan faktor usability menggunakan Computer System Usability Questionnaire J.R Lewis dengan responden/sampel yaitu remaja berusia 15-19 tahun sebanyak 20 orang. Analisis data dilakukan dengan konversi nilai dari hasil pengujian dan menentukan skala penilaian untuk menentukan kategori kelayakan dari perangkat lunak yang dikembangkan. Hasil penelitian diperoleh: (1) Terciptanya Panduan Aktivitas Kebugaran Jasmani untuk Remaja Berbasis Android; (2) Kelayakan telah teruji dengan baik dari segi media, segi materi maupun dari faktor usability dengan kategori “sangat layak” pada masing-masing tahap pengujian. Nilai dari hasil uji validasi ahli media sebesar 4,55 dan ahli materi sebesar 4,55 berada pada rentang > 4,0 sehingga masuk pada kategori “sangat layak”. Nilai dari hasil uji kelayakan faktor usability sebesar 5,98 berada pada rentang > 5,5 sehingga masuk pada kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: panduan aktivitas kebugaran, android
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Sep 2016 05:55
Last Modified: 30 Jan 2019 10:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41049

Actions (login required)

View Item View Item