Pengembangan LKS Sains Dalam Setting POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SMP

Sulistiyono, Sulistiyono (2011) Pengembangan LKS Sains Dalam Setting POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sulistiyono-09708251018.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa dalam setting POE untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa sehingga layak digunakan dalam pembelajaran siswa SMP N 1 Pakem kelas VII, ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan, serta untuk mengetahui ketercapaian keterampilan berpikir siswa selama menggunakan LKS dalam seting POE. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Definition, Design, Development, dan Dissemination. Penelitian ini hanya sampai tahap Development, tahap Dissemination tidak dilaksanakan. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Pakem Sleman Yogyakarta sejumlah 46 orang dengan rincian: 10 siswa untuk uji kelompok kecil dan 36 siswa untuk uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, tes (post-test), dan sebaran jawaban siswa pada LKS. Masukan terhadap LKS hasil pengembangan pada tahap uji kelompok kecil digunakan untuk dasar perbaikan modul pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan di tinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan baik menurut ahli materi, ahli media, teman sejawat dan guru sains secara umum dalam kategori baik. Penerapan LKS dalam pembelajaran secara umum terlaksana. Respon siswa terhadap penggunaan LKS seting POE dalam kategori baik. Pembelajaran dengan LKS dalam seting POE yang dikembangkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir siswa yang di tunjukkan oleh peningkatan persentase ketercapain hasil belajar siswa tiap LKS, LKS 1 sebesar 76,5% LKS 2 sebesar 79,8% dan LKS 3 sebesar 78,9%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKS dalam setting POE, keterampilan berpikir
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 08:06
Last Modified: 29 Jan 2019 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41042

Actions (login required)

View Item View Item