Pengembangan Model Pembelajaran Fisika di SMK dengan Pendekatan Konstruktivistik

Tuwoso, Tuwoso (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Fisika di SMK dengan Pendekatan Konstruktivistik. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-tuwoso-07702261030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

perangkat pembelajaran konstruktivistik fisika di SMK kelompok teknologi dengan pendekatan konstruktivistik; dan (2) mengetahui keefektifitan model pembelajaran fisika pada kelas X semester I SMK dengan pendekatan konstruktivistik yang diterapkan. Secara konseptual dan prosedur, model pengembangan yang digunakan sebagai kajian pada penelitian dan pengembangan ini merujuk pada model pengembangan pembelajaran C-ID (Constructivist Instructional Design) yang dikembangkan oleh Willis. Willis memberikan acuan kepada peneliti dalam pengembangan model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik mengikuti empat tahap, yaitu: define, design, development, and dissemination. Penggunaan model ini didasarkan pada pertimbangan, yaitu membuka peluang keterlibatan guru dan peserta didik secara kolaboratif. Ahli yang relevanpun dapat dilibatkan sebagai tim partisipasif dalam proses pengembangan model pembelajaran. Hasil ujicoba atas perangkat pembelajaran kepada ahli teknologi pembelajaran, ahli bidang studi, guru dan peserta didik menunjukkan hasil yang layak, hal ini bisa dilihat dari rata-rata pemenuhan 96,5% dari indikator-indikator kelayakan penggunaan perangkat pembelajaran. Dari hasil uji lapangan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor tes awal dan tes akhir pada semua materi yang diajarkan pada peserta didik (p < 0,05). Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran fisika di SMK dengan pendekatan konstruktivistik terbukti efektif dan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pada peserta didik kelas X semester SMK kelompok teknologi di Kota Malang dan Kabupaten Malang. Hasil tes akhir bagi peserta didik kelompok kontrol dan eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan (p < 0,05). Jadi, terdapat perdedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran fisika dengan pendekatan konstruktivistik dengan model pembelajaran teacher centered. Hasil uji coba model dan perangkat pembelajaran fisika dengan pendekatan konstruktivistik di SMK yang dijadikan uji coba lapangan terhadap proses pembelajaran dinilai positif, hal ini bisa dilihat dari sikap peserta didik sebanyak 67,90 % memiliki sikap sangat positif dan 32,10% memiliki sikap positif. Sikap peserta didik terhadap bahan ajar fisika sebanyak 55,77% memiliki sikap sangat positif dan 44,23% memiliki sikap positif. Sikap peserta didik terhadap guru sebanyak 70,49% peserta didik memiliki sikap sangat positif dan 29,51% memiliki sikap positif

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran konstruktivistik, pembelajaran fisika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:41
Last Modified: 03 Oct 2022 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41040

Actions (login required)

View Item View Item