PENGARUH BERMAIN SEPAKBOLA GAWANG BERGERAK TERHADAP TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SD NEGERI 1 JOTANGAN KEC. BAYAT KAB. KLATEN

Dwi Prasetya, Angga (2016) PENGARUH BERMAIN SEPAKBOLA GAWANG BERGERAK TERHADAP TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SD NEGERI 1 JOTANGAN KEC. BAYAT KAB. KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang dikembangkannya modifikasi permainan dan rendahnya tingkat kesegaran jasmani siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bermain sepakbola gawang bergerak terhadap kesegaran jasmani peserta ekstrakurikuler sepakbola di SD Negeri 1 Jotangan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, metode yang digunakan adalah metode pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretestposttest design (pembandingan pretest dan posttest tanpa menggunakan kelompok kontrol). Instrumen yang digunakan yaitu Test Kesegaran Jasmani Indonesia, Teknik pengumpulan data dimulai dari melakukan pretest kemudian pemberian traetment dan diakhiri dengan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik parametrik yaitu dengan menguji perbedaan skor rata-rata antara kelompok pretest dengan kelompok posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara rerata pretest dan posttest. Keseluruhan item TKJI menunjukkan hasil sig. 0.000 < 0.025. Daerah penerimaan Ho berada pada -2.1788 – 2.1788, sedangkan t hitung berada diluar daerah penerimaan Ho, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain sepak bola gawang bergerak terhadap kesegaran jasmani siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SD Negeri 1 Jotangan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebugaran jasmani, sepakbola gawang bergerak, permainan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Sep 2016 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 10:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41035

Actions (login required)

View Item View Item