PELAKSANAAN PENYALURAN LULUSAN JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA MELALUI BURSA KERJA KHUSUS (BKK)

Aji, Ahmad Setiya (2016) PELAKSANAAN PENYALURAN LULUSAN JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA MELALUI BURSA KERJA KHUSUS (BKK). S1 thesis, NUY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ahmad Setiya Aji_09504241030..pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN PENYALURAN LULUSAN JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA MELALUI BURSA KERJA KHUSUS (BKK) Oleh : Ahmad Setiya Aji NIM. 09504241030 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) mekanisme kerja BKK, (2) peran, dan (3) kendala yang dihadapi bursa kerja khusus yang dilakukan oleh sekolah dalam rangka penempatan lulusan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dijelaskan dengan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara yang melibatkan para pengelola program bursa kerja khusus. Keabsahan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan triangulasi data sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dimana berupa katakata atau kalimat yang dipisahkan menurut kategorinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam upaya menyalurkan lulusannnya, BKK mengadakan kegiatan seperti: pendataan lulusan, bimbingan karir, rekrutmen tenaga kerja, penempatan lulusan dan pengawasan di Industri, (2) Aspek peran BKK antara lain : terpenuhinya kelengkapan perijinan dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, terpenuhinya sarana dan prasarana atau fasilitas, terpenuhinya data tentang kelulusan, adanya kerjasama dengan pihak sekolah (BKK) dengan dunia usaha atau dunia industry, terpenuhinya pernyaluran/pengiriman tamatan kedunia kerja, dan bimbingan karir dan pameran bursa kerja (Job Fair) boleh dikatakan cukup baik, (3) Kendala yang dihadapi Bursa Kerja Khusus berupa hambatan ada beberapa anak yang tidak mendapkan ijin dai orang tuanya, tidak semua pengurus BKK melaksanakan pekerjaannya secara optimal dan aktif dalam berbagai kegiatan, belum optimalnya informasi lowongan pekerjaan yang ditawarkan kepada para lulusan, dan lulusan masih belum memanfaatkan BKK secara optimal sebagai tempat mencari lowongan pekerjaan . Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Sep 2016 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 10:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41031

Actions (login required)

View Item View Item