UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI MENDONGENG PADA KELOMPOK BERMAIN HARAPAN BANGSA CANDIROTO TEMANGGUNG

ANIK RIANA, ANIK (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI MENDONGENG PADA KELOMPOK BERMAIN HARAPAN BANGSA CANDIROTO TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_ANIK RIANA_09104244041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kenyataan dilapangan bahwa kemandirian anak usia dini belum sesuai harapan. Masih ada beberapa anak yang ditunggu oleh orang tuanya dan mereka tidak mau bersekolah apabila tidak ditunggu oleh orang tuanya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian anak melalui kegiatan mendongeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik KB Harapan Bangsa Candiroto sebanyak 16 anak. Prosedur penelitan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi setiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 4 pertemuan, dikarenakan hasil siklus I telah sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Indikator kemandirian anak meliputi kemandirian emosi, kemandirian perilaku, dan kemandirian nilai anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui kegiatan mendongeng mampu meningkatkan kemandirian anak di KB Harapan Bangsa, yang ditunjukkan dengan persentase peningkatan sebesar 43,36%. Kata Kunci: Kemandirian Anak, Mendongeng.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 31 Aug 2016 08:37
Last Modified: 31 Aug 2016 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41023

Actions (login required)

View Item View Item